DISDAGIN KULON PROGO TERIMA KUNJUNGAN PEJABAT PURO PAKUALAMAN YOGYAKARTA

Upaya menciptakan kesejahteraan  masyarakat yang lebih banyak dan meluas menjadi salah satu fokus Puro Pakualaman Yogyakarta. Dalam rangka melakukan sinergitas program Puro Pakualaman dengan instansi pemerintahan, diadakan kunjungan ke Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo. Pada lawatannya dipimpin oleh Kanjeng Pangeran Hario/ KPH Dr. Kusumo Parastho bersama KRT. Projoanggono, KMT Rekso Prabowo, KMT Ndoyodiprojo, dan Mas Riyo Budyo Pangarso pada Kamis 4 Januari 2021 lalu.   

            KPH Hario  diawal pembicaraannya menyampaikan tentang maksud kedatangan Puro Pakualaman yang ingin mengajak untuk bersama menggalang sinergitas memberikan fasilitasi kepada masyarakat tentang optimalisasi potensi industri kerajinan. Kegiatan kunjungan ke Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo juga merupakan Dawuh dari Kanjeng Gusti Putri tentang mendorong adanya program keluar Puro Pakualaman yang dapat dinikmati masyarakat dengan program konkrit yang telah di rencanakan.  Mengedepankan peran serta masyarakat dalam aktivitas peningkatan kesejahteraan dapat dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya yang belum teroptimalkan.

            Ir.Eko Suryo MSc ( Mas Riyo Budyo Pangarso ) anggota tim  secara spesifik menyampaikan ide gagasannya tentang penciptaan produk kerajinan berbahan dongklak pohon kelapa. Konteks produk berdaya jual ekspor ini harapannya akan memberikan suatu peningkatan peran serta masyarakat dengan komoditi yang belum teroptimalkan. Dalam rangka merealisasi program konkrit tersebut bekerja sama dengan pihak swasta sebagai fasilitator baik di proses awal, pertengahan ataupun akhir. Perlu adanya pelatihan dan peningkatan sumber daya manusia dalam pengerjaan produk ekspor. Dukungan dinas dalam sinergitas baik untuk kegiatan pelatihan maupun fasilitasi pameran dalam  dan luar negeri menjadi satu langkah dalam mendukung suksesnya program tersebut.

            Kedatangan dari pejabat di lingkungan Puro Pakualaman mendapat apresiasi dan ditanggapi secara langsung oleh Kepala Dinas  Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo  Ibu Iffah Mufidati, S.H., M.M., Sekretaris Dinas,  bersama  Kepala Bidang Perindustrian. Perhatian Puro Pakualaman tentang produk kerajinan menjadi sesuatu hal yang menarik dan memberikan peluang besar untuk dapat disinergikan. Dinas dengan ketugasannya mengampu sebagian besar dari 16 macam bidang ekonomi kreatif. Adanya produk-produk yang dapat berdaya saing dengan sentuhan branding dan teknologi informasi menjadi salah satu yang harus dipenuhi di era e-comerce yang tidak mengenal batas wilayah.

            Selanjutnya, perlu adanya program-program berkelanjutan tentang upaya optimalisasi sumber daya alam di Kulon Progo yang tersebar di beberapa kapanewon/ kecamatan, sejalan dengan potensi sumber daya manusia setempat. Pembinaan ketrampilan berbasis kelompok merupakan salah satu cara yang efektif karena sudah ada bekal keahlian yang dimiliki. Kabupaten Kulon Progo sebagai bagian dari wilayah D.I. Yogyakarta  mempunyai banyak aset berupa Tanah Pakualaman, sehingga sangat tepat bagi Puro Pakualaman dalam mengoptimalisasi peranannya untuk bersama mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Keterbatasan anggaran untuk mewujudkan program menjadi satu kendala yang dihadapi. Dinas berharap, Puro Pakualaman untuk bisa membantu mensinergikan dengan pihak ataupun lembaga terkait dalam mewujudkan outcome kemanfaatan masyarakat.

            Pada akhir kunjungannya pihak Puro Pakualaman mengajak  Dinas Perdagangan dan Perindustrian dalam hal teknis pengampu oleh Bidang Perindustrian untuk melanjutkan gagasan-gagasan yang telah disampaikan secara lebih  konkrit. (wk)