DISDAGIN KULON PROGO JAJAKI KEMUNGKINAN KERJASAMA DENGAN INOPAK INSTITUTE JERMAN

Dalam rangka mendorong pengembangan Industri Kreatif Unggulan di Kabupaten Kulon Progo, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo jajaki kemungkinan kerjasama dengan Inopak Institute untuk melakukan pendampingan. Ibu Iffah Mufidati, SH, MM selaku Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian menyampaikan dihadapan Ketua Inopak Institute, Alfin Nurfahmi pada Rabu, 27 Januari 2021 yang lalu.

Kabupaten Kulon Progo memiliki potensi IKM khas dan unggulan yang harus terus berkembang dan perlu dilakukan pendampingan seiring meningkatnya pembangunan Kabupaten Kulon Progo, apalagi saat ini dengan adanya Yogyakarta Internasional Airport, Kabupaten Kulon Progo harus menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri, dengan demikian, agar para pelaku IKM ini berdaya perlu dilakukan upgrading baik dari sisi kualitas produk, sumberdaya manusia dan sarana prasarana industrinya. 

INOPAK Institute merupakan NGO non profit yang berisi alumnus universitas kenamaan di Jerman asal Indonesia. Ketua Inopak Institute, Alvin Nurfahmi mengatakan, para pelaku IKM akan dilatih bagaimana menciptakan inovasi produk, kualitas produk, perhitungan harga pokok penjualan (HPP), pemasaran online dan offline, serta penerapan internet of things (IOT). Di era industri 4.0, Inopak Institute percaya, salah satu cara memperkuat brand imaging adalah dengan memanfaatkan media online. Namun, sebelum menuju ke arah sana para pelaku IKM perlu dimaksimalkan dalam memperkuat kualitas dan inovasi dari produk masing-masing.

Kedepan, diharapkan dapat dilakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian untuk bersama-sama dengan Inopak Institute beserta tenaga-tenaga ahli lulusan jerman dengan support kuat pendanaannya dari GIZ (Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit), diharapkan mampu membantu mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional khususnya, maupun membantu dalam mengembangkan pembangunan ekonomi di Kabupaten Kulon Progo pada umumnya. (aw)