DISDAGIN SELENGGARAKAN BIMBINGAN TEKNIS PENGEMBANGAN JARINGAN USAHA

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo melalui Bidang Perindustrian selenggarakan Bimbingan Teknis Pengembangan Jaringan Usaha di Rumah Makan Joglo TP, Wates Kulon Progo.  Bimbingan Teknis ini membahas tentang Pengembangan Jaringan Usaha dimasa pandemi Covid-19 melalui Smart IKM Industri 4.0 pada hari Kamis, 22 Oktober 2020 yang lalu, yang diikuti oleh 20 pelaku IKM berbasis Logam Kimia dan Aneka.

Bimtek Pengembangan Jaringan Usaha bertujuan untuk menambah wawasan agar pelaku IKM dapat tetap bergerak melalukan produksi usaha dengan memperluas jaringan usahanya melalui berbagai media yang saat ini sedang menjadi tren terutama media online. Bapak Rohedy Goenoeng, S.Sos selaku Sekretaris Dinas mewakili Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo menyampaikan bahwa saat ini pengembangan jaringan sudah bergeser menggunakan media-media online sehingga pelaku usahapun mau-tidak mau harus pula bergeser menggunakan media-media online tersebut sebagai cara untuk mengembangkan jaringan usahanya.

Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon progo juga mengapresiasi mulai tumbuhnya industri digital di Kabupaten Kulon Progo, hal ini tentu menjadi pintu masuk untuk pengembangan jaringan usaha bagi industri kecil agar dapat bersinergi menghasilkan karya digital yang menampilkan produk-produk IKM dari Kulon Progo agar dikenal lebih luas. Produk yang tadinya biasa saja, ketika ditampilkan dengan sentuhan digital yang baik, maka hasilnya dapat menarik calon pembeli/konsumen.

Hal senada juga disampaikan Ade Wahyudiyanto, ST, M.IL selaku penyelenggara, bahwa saat ini pelaku usaha harus sudah bergeser dan bergerak dengan pemikiran-pemikiran kekenian (Internet of Think) dalam melakukan pengembangan jaringan usaha. (aw)