TEMU USAHA KERJASAMA KEMITRAAN BAGI IKM OLAHAN PANGAN KULON PROGO

Dalam situasi dan kondisi wabah COVID-19 saat ini, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo melalui Seksi Promosi dan Distribusi Bidang Perdagangan melaksanakan Sosialisasi Cukai Illegal Temu Usaha Kerjasama Kemitraan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 22 September 2020 di Joglo TP Karangsari Pengasih mengundang peserta yaitu IKM/perajin olahan pangan sejumlah 20 orang. Pelaksanaan dengan mematuhi protokol kesehatan yaitu disediakan tempat cuci tangan di tempat pelaksanaan, tempat duduk diatur jarak 1 meter antar peserta, peserta diwajibkan mengenakan masker dan dalam kondisi sehat, serta dilaksanakan cek suhu tubuh menggunakan thermo gun.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian dalam arahannya kegiatan temu usaha ini perlu dilaksanakan untuk memberikan peluang usaha yang saling menguntungkan bagi pelaku usaha. Kerjasama kemitraan antara IKM dengan praktisi perdagangan tersebut diharapkan menjadi kerjasama yang saling menguntungkan, dengan prinsip saling membutuhkan dan saling membesarkan, dimana pengusaha memiliki market, dan IKM memiliki produk. Output dari temu usaha ini diharapkan adanya kerjasama kemitraan antara IKM dengan pelaku usaha besar yang akan dituangkan dalam perjanjian kerjasama kemitraan. Tujuan diadakannya temu usaha ini tidak hanya menjadi wadah untuk sharing bagaimana mengembangkan usaha tetapi juga membuka jalan untuk meningkatkan usahanya.

Narasumber yang diundang pada kegiatan temu usaha ini dari Zatra yang tergabung dalam Komunitas Bukalapak Yogyakarta yang menyampaikan materi tentang Produk Lokal Mendunia melalui Jejaring Online dan Pemberdayaan Masyarakat; LPK Kayumanis Yogyakarta yang menyampaikan materi tentang Mengembangkan Usaha; dan dari Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara Satu Kulon Progo yang menyampaikan materi tentang Perlindungan Konsumen.