PEMBINAAN MANAJEMEN INDUSTRI BAGI IKM OLAHAN PANGAN KULON PROGO

Wates, 8 s.d. 9 September 2020. Berlokasi di Joglo TP, Jl. Wates-Sermo No. 25, Cekelan, Karangsari, Pengasih, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo mengadakan Pembinaan Manajemen Produksi bagi IKM olahan pangan. Kegiatan yang diikuti oleh 15 peserta (IKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM pelaku industri dalam hal perencanaan, pengorganisasian, penempatan SDM, motivasi berusaha serta kemasan produk dan  branding produk.

Selain hal tersebut kegiatan ini diharapkan agar IKM tetap menerapkan New Normal (kebiasaan Baru) dan New Norma (norma Baru) dalam menghadapi pandemi Covid 19 dalam melaksanakan produksi. New normal adalah kebiasaan baru dalam agar selalu hidup bersih dan sesuai prosedur kesehatan sedangkan New Norma adalah peningkatan disiplin, tertib, hormat menghormati dalam pelaksanaan New Normal sehingga tanpa sadar akan menjadi kebiasaan yang positif dalam kegiatan sehari hari, demikian yang disampaikan oleh Ibu Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo Ibu Iffah Mufidati, S.H., M.M.

Ada beberapa hal yang menarik disampaikan oleh beberapa narasumber; dari BPTTG Yogyakarta Guntur Prakosa, S.T. “kemasan yang sesuai dengan isi dan menarik akan dapat meningkatkan nilai jual produk. Bahan kemasan yang sesuai dengan isi akan membuat produk semakin awet, mudah dibawa/ simple, menarik dan tentunya akan meningkatkan nilai jual produk.”

Sedangkan Ibu Siwidati narasumber dari Pelaku Usaha) menyampaikan bahwa, “sebagai pelaku usaha (IKM) harus mempunyai niat yang kuat, yakin,  tidak gampang menyerah, menjalin banyak relasi dan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam berproduksi, IKM diharapkan agar selalu update dengan perkembangan informasi, teknologi dan selalu mencari celah kesempatan dalam situasi sempit seperti pandemi covid19 saat ini.”

Dalam hal Branding, brand ternyata bukan hanya pencitraan sesaat,  istilah tersebut juga melingkupi opini dan ekspektasi orang yang diciptakan olehnya. Branding adalah segala usaha yang dilakukan oleh sebuah bisnis untuk membangun mereknya. Untuk melakukannya, diperlukan strategi branding yang tepat. Ungkap Imma Agustika I, S.E. pemateri dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo.