BIMBINGAN TEKNIS BENGKEL LAS BAGI WIRAUSAHA IKM PERBENGKELAN TERDAMPAK COVID 19

Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY (Disperindag DIY) bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo selenggarakan Bimbingan Teknis Bengkel Las bagi Wirausaha IKM Perbengkelan terdampak COVID 19 yang diikuti sebanyak 20 orang pelaku usaha perbengkelan di Kedunggalih, Pengasih. Kegiatan dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai tanggal 11 sampai 14 Agustus 2020.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY Ir. Aris Riyanta, M.Si yang disampaikan melalui media virtual menyampaikan IKM Las di Kabupaten Kulon Progo mulai tumbuh seiring dengan masivnya pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kulon Progo, terlebih sejak dimulainya operasional Bandara Yogyakarta Internasional Airport di Kulon Progo, kebutuhan akan infrastruktur khususnya dibidang las terus mengalami peningkatan. Namun, kondisi pandemi ini memaksa pelaku usaha pengelasan ini mati suri, sehingga dalam kesempatan ini diperlukan upaya untuk mendorong dan memotivasi para pelaku usaha pengelasan yang terdampak Covid 19 agar dapat berproduksi lagi dengan berbagai inovasi produk yang dapat menarik konsumen.

Ibu Iffah Mufidati, SH, MM selaku Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo melalui media daring pun menyampaikan hal yang sama, bahwa IKM yang tumbuh di Kulon Progo ini masih perlu terus didorong agar dapat berkembang lebih baik lagi sehingga kualitas maupun kuantitasnya dapat bersaing dengan produk-produk sejenis baik yang datang dari luar Kulon Progo maupun produk-produk pabrikan dari perusahaan-perusahaan besar. 

Selain itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo juga menyampaikan apresiasi atas perhatian dan kerjasamanya dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY khususnya bagi pengembangan usaha industri berbasis logam (pengelasan) sehingga diharapkan kedepannya kerjasama ini dapat terus terjalin sehingga pelaku IKM Pengelasan dapat meningkatkan kemampuannya dan menghasilkan karya/ produk pengelasan dengan kualitas yang lebih baik. (*aw)